Blog Resep Serta Cara Membuatnya

Selasa, 02 Agustus 2016

Resep Cara Membuat Torakur Manisan Tomat Rasa Kurma

Resep Cara Membuat Torakur Manisan Tomat Rasa Kurma - Torakur adalah manisan tomat dengan rasa kurma. Wah manisan yang satu ini tentu saja sangat cocok dengan bukan ramadhan apalagi untuk kebutuhan berbuka puasa ataupun sahur. Tapi tenang saja walaupun bulan ramadhan sudah berlalu, manisan ini tetap bisa dijadikan cemilah sehat untuk menemani hari-harimu kok. Sambil menanti bulan ramadhan berikutnya tentu saja. Dan resep cara membuat akan berbagi pengetahuan tentang olahan buah tomat. yaitu, bagaimana cara membuat Manisan Tomat Rasa Kurma yang biasa disingkat Torakur atau Torako.
resep tomat rasa kurma

torakur

Resep Torako

Bahan-bahan

1. 1000 gr tomat merah
2. 200 gr gula pasir
3. 1 sdt kapur sirih, larutkan dalam air

Cara membuat

1. Cuci bersih tomat yang sudah disiapkan, lalu rendam tomat selama 2 jam kedalam kapur sirih yang sudah dilarutkan ke dalam air.
2. Letakkan tomat di telapak tangan, tekan dengan ke dua tangan sampai biji tomat keluar, setelah itu cuci tomat dengan air bersih.
3. Taruh dan susun tomat ke dalam panci, setelah itu taburkan gula pasir ke atasnya. Lalu tutup dan diamkan semalaman hingga keluar air.
4. Masak tomat dengan api kecil, tunggu hingga air habis dan mengering tapi jangan sampai gosong, angkat dan tunggu hingga dingin.
5. Ambil tomat satu per satu dan bentuk seperti kurma, dan taruh diatas loyang dan rapikan.
6. Jemur tomat dengan menggunakan terik matahari selama 3 s/d 4 hari hingga kering dan terlihat seperti kurma.

penyajian Untuk 200 gr Torakur

Tips

1. Pilih tomat merah yang belum terlalu matang (masih agak keras) dengan ukuran sedang dan sama besar.
2. Saat menjemur di bawah terik matahari, jangan lupa ditutup dengan daun pisang atau nyiru, untuk menghindari debu dan binatang yang tidak diinginkan.

Pastinya mudah sekali membuat torakur atau tomat rasa kurma ini. Tentu saja dong, di resep cara membuat ada banyak resep mudah yang bisa kamu pelajari dirumah. seperti resep infused water yang menyegarkan tentu saja. Selamat memasak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Torakur Manisan Tomat Rasa Kurma